halaman depan » artikel » detail artikel

Alasan Anda Harus Waspada Hepatitis C

27 Oktober 2016 | Admin poltekkes

WHO pada tahun 2014 mencatat bahwa 25% dari kanker hati disebabkan oleh hepatitis C kronis yang tidak diobati dan hampir dari 80% pasien yang datang ke dokter ternyata sudah pada fase kronis dan terlambat untuk diobati.
Penyakit hepatitis C merupakan peradangan pada organ hati yang disebabkan oleh penyebaran virus hepatitis C yang masuk ke organ hati melalui aliran darah dan kemudian merusak sistem kerja hati serta menginfeksi jaringan sel-sel di sekitar organ hati.
Berdasarkan data WHO di atas, sudah saatnya kita peduli dan sadar begitu pentingnya memeriksakan diri untuk mengetahui apakah sudah terkena penyakit Hepatitis C. Fakta menyebutkan hampri 95% penyakit ini dapat disembuhkan jika sudah dikenali sejak dini.
Tidak ada yang membedakan, siapa yang paling berisiko mengalami hepatitis C. Pria dan wanita memiliki kemungkinan yang sama untuk terinfeksi penyakit ini. Namun, anak muda cenderung lebih banyak dan rentan terkena hepatitis C. Hal ini terjadi karena gaya hidup tidak sehat yang dilakukan seperti menjadi penerima produk darah yang tidak diskrining, menggunakan jarum suntik yang tidak steril, hingga melakukan hubungan seksual yang tidak aman.
Sebagai langkah awal mencegah terjadinya penyebaran virus adalah untuk tidak menggunakan peralatan-peralatan yang bersifat pribadi dan membaginya dengan orang lain, seperti gunting kuku dan pisau cukur. Anak muda diharapkan untuk ikut berpartisipasi dalam melawan penyebaran hepatitis C secara dini untuk memeriksakan kemungkinan terinfeksi penyakit ini.


Komentar

- Belum ada komentar untuk ditampilkan.