halaman depan » artikel » detail artikel

Ibu Hamil Boleh Minum Kopi?

27 Oktober 2016 | Admin poltekkes

Menjaga pola makan saat hamil merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan oleh semua ibu hamil. Selain mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang, ibu hamil juga sebaiknya menghindari makanan atau minuman yang dapat membahayakan kesehatan ibu dan janin. Salah satu minuman yang banyak dipertanyakan oleh ibu hamil adalah kopi. Sebenarnya bolehkah ibu hamil mengonsumsi minuman berkafein ini?

Minuman berkafein disebut-sebut dapat menyebabkan gangguan pada janin. Sehingga banyak yang melarangnya untuk diberikan pada ibu hamil. Namun, masih banyak juga ibu hamil yang tetap mengonsumsinya lantaran belum menemukan alasan yang kuat perihal larangan tersebut.

Ibu hamil sebetulnya masih bisa menikmati kopi dalam jumlah yang wajar. Pastikan Anda tidak mengonsumsi lebih dari 200 mg kafein setiap hari. Jumlah tersebut setara dengan dua cangkir kopi instan atau satu cangkir kopi seduh.

Namun Anda harus menyadari bahwa kafein tidak hanya terdapat di dalam kopi. Kafein juga terdapat di dalam teh, soda, dan cokelat. Sehingga Anda harus tetap menghitung semua asupan makanan atau minuman berkafein yang Anda konsumsi setiap hari.

Berbagai penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi lebih dari 200 mg kafein per hari saat hamil, dapat meningkatkan risiko terjadinya keguguran hingga 25 persen. Selain itu, kafein yang berlebihan juga dapat menyebabkan bayi lahir dengan berat badan rendah. Bayi yang terlahir dengan berat badan rendah, berisiko mengalami berbagai gangguan kesehatan saat dewasa. Maka Anda sebaiknya membatasi konsumsi kafein Anda, sesuai dengan jumlah yang disarankan.

Saat hamil, Anda sebaiknya memperbanyak minum air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan harian Anda. Bila Anda bosan, Anda bisa menambahkan irisan buah-buahan ke dalam air putih yang Anda konsumsi. Jus buah juga dapat Anda jadikan pilihan untuk mencegah terjadinya dehidrasi saat hamil.

Sumber : 1health.id 


Komentar

- Belum ada komentar untuk ditampilkan.