halaman depan » artikel » detail artikel

Cara Ini Mampu Atasi Kebiasaan Anak Mengompol

04 Maret 2019 | Admin poltekkes

Kebiasaan anak mengompol memang sering membuat Anda jengkel bukan? Meskipun mengompol saat tidur adalah hal yang umum terjadi pada anak-anak, tapi tidak sedikit orangtua yang merasa frustasi menghadapi masalah yang terus berulang setiap hari ini. Alasan pasti yang menyebabkan anak mengompol saat tidur belum bisa ditentukan secara pasti. Tetapi, kantong kemih yang terlalu aktif adalah salah satu penyebab yang dapat disimpulkan pada fenomena ini. Jika anak Anda memiliki kantong kemih yang aktif, maka Anda memerlukan beberapa trik untuk perlahan menghentikan kebiasaan ini. Berikut beberapa cara yang bisa Anda praktekan untuk menghentikan kebiasaan mengompol anak.

Membuat tabel penghargaan

Kebiasaan anak mengompol dapat dihentikan dengan cara memberikan mereka sebuah motivasi. Anda bisa memacu motivasi mereka dengan membuat sebuah tabel penghargaan. Anda bisa menyediakan 2 buah stiker dengan wajah senyum atau cemberut, yang nantinya akan mereka tempelkan setiap hari di tabel penghargaan tersebut. Buatlah sebuah perjanjian, seperti jika mereka dapat mengumpulkan 20 stiker wajah senyum dalam sebulan, maka mereka akan mendapatkan sebuah hadiah.

Menghadiahi alarm BAK

Menghadiahi alarm BAK juga salah satu cara yang efektif untuk menghilangkan kebiasaan mengompol. Sensor alarm ini bisa ditempelkan di dalam piyama atau baju tidur anak, sehingga akan menyala saat anak mengompol. Dengan menyalanya alarm diharapkan anak Anda akan segera pergi menuju toilet.

Menjadi teman ke toilet

Jadilah teman ke toilet anak Anda mulai sekarang. Biasakan untuk mengajak mereka pergi ke toilet sebelum mereka tidur, dan ada baiknya juga untuk membangunkan anak di malam hari, untuk sekedar mengantarkannya ke toilet. Proses ini semata-mata bukan hanya untuk menghentikan kebiasan mengompol si kecil, namun juga dapat menekankan pentingnya menggunakan toilet di malam hari.

Article By Bebby Sekarsari

Sumber : 1health.id


Komentar

- Belum ada komentar untuk ditampilkan.